VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI (VMTS)
“Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang Humanis dan Terdepan dalam Mutu pada Tahun 2025”.
- Melaksanakan pembelajaran berbasis Teknologi, penelitian, dan pengabdian yang mendukung pemenuhan keterampilan dalam melaksanakan pendidikan secara professional.
- Memberikan layanan dalam mengoptimalkan potensi diri dan berakhlak mulia.
- Menghasilkan guru kelas Madrasah Ibtida’iyah/sekolah dasar yang kompeten.
- Menghasilkan peneliti yang produktif, inspiratif, inovatif,dan aplikatif di bidang pendidikan dasar
- Menjadi pusat pengembangan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan dasar
A. Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah
1. Menguasai teori belajar dan materi pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
2. Menjadikan Guru sebagai Pendidik dan Pembimbing dalam membina anak didiknya.
3. Menyeleng garakan pembelajaran yang mendidik.
4. Menjadikan Guru sebagai administrator yang mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran dengan baik.
5. Memfasilitasi potensi anak didik untuk menembangkan bakat serta minat yang dimilikinya.
6. Memanfaatkan media interaktif untuk mencapai pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
7. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
8. Melaksanakan apa yang menjadi kode etik profesi keguruan.
9. Menghayati dan mengamalkan pancasila.
10. Menguasai standar kompe tensi dan kompe tensi dasar mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu.
11. Menjadikan Guru seperti orang tua yang dapat mengetahui permasalahan anak didiknya.
12. Menjadikan Guru sebagai motivator yang mampu memupuk rasa percaya diri, berani dan bertanggung jawab.
13. Menggunakan variasi metode dan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan anak didik dalam pembelajaran.
B. Terampil dan Kreatif
1. Menjadi Pendidik Madrasah Ibtidaiyah yang cekatan dan memiliki semangat tinggi dalam melaksanakan pembelajaran dan pengelolaan kelas
2. Mengembangkan skill sehingga bisa memunculkan karya handmade untuk memberikan manfaat pada anak didik, lingkungan maupun masyarakat.
C. Bantuan Layanan Konseling
1. Menguasai teori layanan konseling Madrasah Ibtidaiyah.
2. Mampu mempraktikkan konseling pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah dengan baik.
3. Mampu mengembangkan potensi siswa dan membantu untuk mengatasi segala permasalahan pendidikan di tingkat MI.
D. Peneliti Bidang Pendidikan Dasar
1. Menguasai metode dan pengolahan data penelitian pendidikan dengan baik
2. Mengembangkan teori ilmu pengetahuan pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah
3. Menghasilkan peneliti yang mampu memberikan solusi dalam berbagai permasalahan yang ada dalam pembelajaran.